Apa sih sukses itu?

Sore tadi gue ngobrol-ngobrol sama anak SMA yang magang di kantor gue, awalnya kita ngebahas tentang Andika Ex. Kangen Band yang nikah sama Caca (cewek berumur 18 tahun) dari situ terus menjalar ke topik-topik lainnya dari sepakbola, politik, sampe akhirnya tiba di topik yang membahas tentang “Kesuksesan” dan dari perbincangan itu gue dapet inspirasi buat nulis artikel ini. Sukses yang kita bahas diartikel ini adalah tentang kesuksesan dunia yah, bukan akhirat.

“Nanti mau jadi apa?” gue sering ngelontarin pertanyaan itu ke anak-anak muda, dan jawabannya sebagian besar adalah mau jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau mau kerja di perusahaan besar. Gue lebih seneng denger kalo mereka menjawab “Gue mau buka bengkel”. Kenapa? pertanyaan itu menjurus ke satu arah yaitu kesuksesan, gak ada satu orangpun didunia ini yang nantinya pengen jadi orang yang gak sukses. Seharusnya pertanyaan gue tadi dijawab dengan suatu jawaban yang mengindikasikan kesuksesan, bukan jadi seorang pegawai atau pesuruh.

Menurut gue sukses itu menjadi seseorang yang dibayar dan mampu membayar orang lain. Sukses itu adalah saat gue udah mampu membuat orang lain bekerja buat gue dan membuat uang lah yang nyamperin gue. Sukses bukan bekerja sampai tua walaupun dengan digaji tinggi. Sukses itu bukan keluar negeri untuk bekerja, seharurnya sukses itu ke luar negeri untuk berlibur. Sukses itu bukan mencari peluang, melainkan membuka peluang. Sukses bukan memanfaatkan lapangan pekerjaan tapi membuka lapangan pekerjaan.

Buat lo yang masih punya pola pikir sukses adalah bekerja menjadi pegawai di perusahaan besar, gue sarankan rubah pola pikir lo itu. Kalau pola pikir kita masih kaya gitu maka kualitas diri kita akan sangat sulit meningkat bro. Bahkan kita bakal terancam mengalami penurunan standar kualitas.

14 thoughts on “Apa sih sukses itu?

  1. menurut gw sukses itu dimana kita terus menerus menaiki tangga kehidupan yg telah kita rencanakan setahap demi setahap dijalani dengan penuh perjuangan hingga akhirnya kita mencapai puncaknya dan tiap anak tangga yang sudah kita lewati sudah tergoreskan kenangan perjuangan kita untuk mencapai puncak mimpi kita hingga jika kita gabungkan dari tiap level anak tangga, akan menjadi history yang menjadi cerita indah untuk kita dan inspirasi bagi orang lain.. 😀

  2. kata SUKSES itu emang gampang banget buat di ungkapin tapi subhanallah jalan menuju sukses nya itu lumayan berat dan sulit. Tapi ga boleh ada kata sulit kalo kita emang punya niat usaha yang besar 😀
    kalo menurut gue SUKSES itu adalah ketika gue bisa ngebahagiain orang yang ada di sekeliling gue terutama ORANG TUA dan SUKSES itu bukan gue yang jadi pekerja di tempat orang lain, tapi gue yang memperkerjakan orang lain di tempat gue aamiin 🙂
    SUKSES DUNIA AKHIRAT itu yang gue inginkan 🙂

  3. Menurut gue sukses itu ga selalu dinilai dari materi. Sukses itu ketika kita bisa menjadikan apa yang kita sukai (bisa disebut hobi) dapat menghasilkan sebuah “nilai”. Nilai disini ga selalu “uang” bisa jadi sebuah kepuasan tersendiri yang gabisa diganti dengan uang.

  4. Sukses itu … tidak hanya dilihat dari materi menurut saya sukses itu
    1. punya mimpi / Goal..
    2. Mimpi menjadi sebuah Visi
    3. Visi itu menjadi Planning
    4. Planning itu Di Jalankan
    5. Ketika Akhirnya Mimpi itu tercapai SUKSES diraih…

    (1,2,3 itu gampang 4 itu lah perjuangan good luck dalam meraik kesuksesan masing2 )

Terimakasih yaah udah dateng ke blog gue.

