Anak SMA dan Sederajat


Hari Senin pukul 8 pagi, itu adalah jam yang sangat telat untuk instansi manapun, entah itu sekolah atau perusahaan. Ya, gue kesiangan berangkat kerja, gara-gara semalemnya gue sibuk ngepet depan komputer. Hampir setiap hari Senin gue kesiangan berangkat ke Jakarta entah itu karna ngepet atau nonton bola.

Dan ada pemandangan menarik disetiap gue kesiangan itu, diperjalanan dari rumah menuju terminal bis yang begitu jauh gue selalu melihat sosok-sosok putih abu-abu masih nongkrong dipinggir jalan, padahal udah jam 8 coy. Terlintas sejuta pertanyaan dipikiran gue, itu anak sekolah apa kuli bangunan pake seragam putih-abu? Sekolahnya dimana? Ngapain jam segini masih nongkrong dijalan? Orang tua nya gimana ya? Tas nya mana, ko pake sweater doang, pake tas kecil banget, apa gak bawa buku?

Menurut lo keren?

– Waktunya duduk di kelas untuk menimba ilmu malah nongkrong dijalan? Gue gak heran kalau saat mereka dewasa nanti mereka tidak memiliki keahlian dan kembali duduk dijalanan sambil mengulurkan tangan berharap sepeser uang dari orang lain.

– Uang yang seharusnya untuk sekolah/SPP malah dipake buat beli rokok atau mabuk-mabukan? Jangan heran saat mereka dianugrahi kecerdasan maka akan menjadi seorang koruptor karna sudah terlatih menyalahgunakan uang sejak muda.

– Nongkrong dijalan lalu tawuran dengan sekolah lain? Untuk apa?, Gue sama sekali gak heran kalau masa depan mereka hanya menjadi sampah masyarakat, pembuat onar, dalang kerusuhan. Apakah akal sehat mereka udah ilang? Mereka ini manusia atau hewan ganas dihutan sih?

– Pakai baju dekil, celana pensil, sweater gak karuan, topi “gaul”, rambut kaya hordeng (90% semua model rambutnya sama), semuanya nampak di design untuk mempertunjukan diri bahwa mereka adalah “jagoan” alias preman. Gue gak aneh kalau suatu saat mereka sulit nyari kerjaan, ujung-ujungnya kemungkinan besar jadi preman pasar atau copet lalu mati konyol digebukin warga.

– Melakukan seks bebas? Gue gak heran kalau pelacuran semakin meningkat, dari muda nya aja udah terbiasa.

Itulah potret penerus pemimpin bangsa ini, sebenernya gue bosen denger kata-kata itu, tapi ya emang miris banget sih ngeliat faktanya.

Renungin deh kawan, gue sih ngerasa miris banget kalau tiap berangkat kerja liat anak sekolah jam segitu masih nongkrong di pinggir jalan, kenapa gak di WC aja, atau di Lembaga Permasyarakatan syukur-syukur akhlaknya bisa kerubah kalau nongkrong disitu.

Teori Kejahatan


Menurut lo ada gak sih yang namanya kejahatan? pasti kita semua pernah merasa menjadi korban kejahatan kan? Entah itu dicopet, dirampok, atau saat kita diselingkuhin sama si pacar pun kita akan berkata “Jahat banget sih dia!”. Kejahatan adalah suatu tindakan dan penjahat adalah pelaku kejahatan.

Menurut gue kejahatan itu gak ada, sama sekali gak ada. Seperti yang dijelaskan oleh Om Albert Einsten sebenernya kejahatan itu tidak ada, kejahatan sama hal nya dengan suhu dingin dan kegelapan. Gak ngerti ya?

Dingin itu sebenernya gak ada, dingin terjadi hanya karna ketidakhadiran panas, panas lah yang membuat suatu benda atau makhluk hidup memancarkan energi. Tanpa panas maka suhu akan menurun dan kemudian disebut dingin. Jadi sebenernya dingin itu gak ada. Dalam kenyataanya definisi dingin adalah ketidakhadiran panas.

Lalu bagaimana dengan kegelapan? sama halnya dengan dingin, kegelapan itu tidak ada, yang ada itu adalah ketidakhadiran cahaya yang kemudian disebut gelap. Faktanya kita tidak bisa mempelajari kegelapan atau mengukur kegelapan, yang bisa kita pelajari adalah tentang cahaya, bahkan waktu kita duduk di bangku SMP kita mempelajari tentang cahaya bukan tentang kegelapan. Definisi kegelapan adalah ketidakhadiran cahaya.

Dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa sebenernya kejahatan juga gak ada, Tuhan gak menciptakan kejahatan atau orang jahat. Kejahatan terjadi karna tidak hadirnya Tuhan didalam diri seseorang. Jika kita senantiasa mengingat Tuhan dan melakukan segala perintahnya maka kejahatan tidak akan terjadi. Dapat disimpulkan orang jahat adalah orang yang sedang kehilangan imannya.

Apa sih sukses itu?


Sore tadi gue ngobrol-ngobrol sama anak SMA yang magang di kantor gue, awalnya kita ngebahas tentang Andika Ex. Kangen Band yang nikah sama Caca (cewek berumur 18 tahun) dari situ terus menjalar ke topik-topik lainnya dari sepakbola, politik, sampe akhirnya tiba di topik yang membahas tentang “Kesuksesan” dan dari perbincangan itu gue dapet inspirasi buat nulis artikel ini. Sukses yang kita bahas diartikel ini adalah tentang kesuksesan dunia yah, bukan akhirat.

“Nanti mau jadi apa?” gue sering ngelontarin pertanyaan itu ke anak-anak muda, dan jawabannya sebagian besar adalah mau jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau mau kerja di perusahaan besar. Gue lebih seneng denger kalo mereka menjawab “Gue mau buka bengkel”. Kenapa? pertanyaan itu menjurus ke satu arah yaitu kesuksesan, gak ada satu orangpun didunia ini yang nantinya pengen jadi orang yang gak sukses. Seharusnya pertanyaan gue tadi dijawab dengan suatu jawaban yang mengindikasikan kesuksesan, bukan jadi seorang pegawai atau pesuruh.

Menurut gue sukses itu menjadi seseorang yang dibayar dan mampu membayar orang lain. Sukses itu adalah saat gue udah mampu membuat orang lain bekerja buat gue dan membuat uang lah yang nyamperin gue. Sukses bukan bekerja sampai tua walaupun dengan digaji tinggi. Sukses itu bukan keluar negeri untuk bekerja, seharurnya sukses itu ke luar negeri untuk berlibur. Sukses itu bukan mencari peluang, melainkan membuka peluang. Sukses bukan memanfaatkan lapangan pekerjaan tapi membuka lapangan pekerjaan.

Buat lo yang masih punya pola pikir sukses adalah bekerja menjadi pegawai di perusahaan besar, gue sarankan rubah pola pikir lo itu. Kalau pola pikir kita masih kaya gitu maka kualitas diri kita akan sangat sulit meningkat bro. Bahkan kita bakal terancam mengalami penurunan standar kualitas.

Menggapai Kesuksesan


Maksa Banget Editannya

Maksa Banget Editannya

Sukses adalah tujuan setiap manusia, dihidup yang cuma satu kali ini tentu saja pengen dilewati dengan kesuksesan oleh setiap orang yang masih idup. Gue sendiri belum ngerasa sukses tapi apa salahnya kalo gue berbagi sedikit ilmu untuk menggapai kesuksesan, siapa tau yang baca artikel ini mampu menjalankan ilmu tersebut dengan lebih baik dari pada gue. Faktor dan hal apa aja yang harus dilakukan atau dimilki kita kalo pengen sukses?

1. Passion (Keinginan atau Gairah)
Ini adalah faktor paling mendasar yang mempengaruhi dalam meraih kesuksesan. Semakin besar keinginan lo untuk sukses maka semakin besar juga keinginan lo untuk berusaha menggapai kesuksesan. Kobarkanlah gairah lo untuk menjadi orang sukses biar lo semakin semangat berusaha meraihnya.

2. Berlatih
Berlatih lah dengan sempurna dan tanpa bosan. Manusia memang tidak ada yang sempurna, tapi usahakan berlatih sesempurna mungkin, karena latihan yang sempurna bakal merubah diri lo menjadi pribadi yang lebih baik. Dan manusia yang paling sempurna adalah orang yang selalu memperbaiki dirinya ke arah yang lebih baik. Misalnya lo pengen sukses jadi pencopet, nah lo harus latihan nyopet dengan sesempurna mungkin, mungkin pertama kali latihan lo ketauan terus di gebukin warga terus gigi copot 5, dilatihan berikutnya lo jangan sampe kehilangan 5 gigi lagi, ya minimal 3 aja, dan terus lakukan sampe lo gak ketauan nyopetnya. Hahaha

3. Do For Love (Lakukan Karena Cinta Bukan Uang)
Cobalah untuk merubah pekerjaan lo menjadi hobi sehingga lo menyukai pekerjaan lo, kalo lo melakukan pekerjaan yang tidak sesuai hati nurani maka dalam pelaksaannya pun bakal gak maksimal. Atau lebih  mudahnya jadikan hobby lo sebagai pekerjaan, misalnya lo hobi corat coret tembok rumah tetangga, coba arahkan hobi lo itu untuk menjadi seorang pelukis atau seniman apa lah yang kaitannya gak jauh dari coret-coret. Biarkan uang yang mencari kita, kita cukup melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan sudah pasti uang pasti akan datang dengan sendirinya.

4. Dorong Diri Lo
Jika kita nanti udah sukses maka tekanan yang akan datang bisa lebih berat dari pada saat kita berusaha menggapainya. Makanya dari sekarang dorong diri lo sampe titik terendah biar lo nanti biasa dalam menghadapi berbagai tekanan. Nanti kita pasti dihadapkan dengan manisnya disukai banyak orang termasuk keluarga dan ada saatnya kita dihadapkan dengan berbagai orang yang tidak suka dengan hasil kerja kita, itu merupakan hal biasa bro.

5. Lakukan Demi Orang Banyak
Maksudnya tuh  lakukan pekerjaan lo buat orang banyak, bukan cuma buat diri sendiri alias egois. Semakin banyak lo melakukan sesuatu buat orang yang ada disekitar lo maka nilai diri lo semakin berguna dimata mereka, dan mereka bakal mendorong karir lo sampe sukses. Kesuksesan gak harus digapai sendiri, dalam meraih kesuksesan kita membutuhkan bantuan dan dukungan dari orang lain, terlebih dari kedua orang tua.

6. Atur Roda Kehidupan Lo
Kata siapa hidup itu ada waktunya dibawah dan diatas? memang betul tapi posisi kita di roda kehidupan tersebut gak lepas dari apa yang kita lakukan. Coba baca Alduran deh surat Ar-ra’d ayat 11 disitu disebutkan “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasih suatu kaum kecuali mereka sendiri yang merubahnya” dari situ udah jelas kalo sebenernya roda kehidupan itu berputar karena kita sendiri. Saat kita dibawah maka kita harus berkarya terus menerus dan sebaik mungkin agar posisi kita ada diatas. Dan saat kita diatas kita tetap harus berkarya terus menerus dan sebaik mungkin supaya kita gak jatuh. Intinya tetap berusaha sebaik mungkin atau bahasa gaulnya Do Your Best dan biarkan Yang Maha Kuasa yang memberi ganjarannya, percayalah YME itu maha adil dan gak pernah tertidur sedikitpun, DIA selalu melihat apa yang kita lakukan dan membalasnya setimpal, bahkan mungkin lebih.

7. Berdoa
Orang yang tidak berusaha tapi berdoa = Males, Orang yang berusaha tapi gak berdoa = Sombong, Orang yang tidak berusaha dan tidak berdoa = Bukan Orang. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah kita melakukan sesuatu, biar apa yang kita kerjakan mendapat rhido dari Yang Maha Kuasa, bagaimanapun doa adalah senjata paling ampuh. Sekeras apapun kita berusaha tapi jika Yang Maha Kuasa gak menghendaki maka tidak akan ada hasilnya, gondok doang yang ada.

Apalagi yah? bingung gue, segitu aja dulu kali yah. Gue nulis artikel ini juga karena dapet inspirasi abis nonton acara di TV. Hehe
Wahai minyiters, sukses adalah hak setiap oran, siapapun boleh sukses, tergantung pribadi kita masing-masing mau atau enggak buat jadi sukses, dan tergantung seberapa besar usaha yang kita lakukan untuk menggapainya.

Kebiasaan Tidak Baik Yang Bikin Cowok Ditolak Cewek.


Artikel di khusus kan untuk para cowok yang rajin ditolak cewek, gue juga pernah ditolak tapi gak sering banget tuh. Kalo keseringan itu mah malu-maluin banget. Haha

Langsung aja yah gue paparin kebiasan-kebiasan gak

1. SMS atau Nelpon si cewek berlebihan. Cukup sehari 3 kali, jangan berlebihan. Biasanya cowok kalo smsnya gak di bales bakal masuk ke kotak sent item terus di Resend sampe si cewe itu bales sms nya. Hal itu malah bikin risih si cewek bro, yang ada dia jadi jengkel + tambah males bales sms lo, apalagi liat muka lo. 😀

2. Rela nahan ngantuk buat nunggu jarum jam menunjuk angka 12 saat ulang tahunnya supaya menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat. Gak ada salahnya sih, tapi kayanya lebih bagus kalo kita jangan dulu berlebihan kaya gini, belum tentu juga dia nanggepin. 😀

3. Sok Perhatian (perhatian itu penting, tapi jangan yang berlebihan bero) kalo terlalu perhatian malah buat doi bosen. Selain itu sifat super perhatian biasanya bakal merubah kita jadi sosok yang overprotective. Kalo udah gini doi makin males deh sama lo, malah entar dia bilang “Siapa elo? Belom jadian aja udah larang-larang gue !”. 😀

4. Menjadi Manusia Iya, selalu meng-iya kan segala perkataan si doi (biar doi ngerasa cocok). Ini gak bener bro, lebih baik objektif aja, kalo sesuai ya bilang “iya” kalo gak sesuai ya bilang “kagak”.

5.  Berani membatalkan kegiatan dengan teman-teman nongkrong/maen futsal/nge-band, bahkan keluarga sendiri cuma demi buat nemenin gebetan/pacar/keluarga doi dalam kegiatannya. Padahal si doi gak mau/gak ngarep tapi lo maksain banget buat caper.

6. Menjadi super gentleman. Padahal aslinya ********************

7. Ngelawak, atau menjadikan diri lo sendiri bahan lelucon buat si doi, padahal lo gak lucu bro. GARING ! 😀

8. Nyari tau kesukaan dan kepribadian si cewek dari teman deket atau anggota keluarganya. Jangan over ah, yang ada lo dianggep cowo rempong. Lebih baik lo tau dari si doi langsung gak usah jadi kaya tim Investigasi Trans T*.

9. Musuhin cowok-cowok yang lo anggap deket sama si doi. Wah ini udah parah banget, bersaing sehat lah bro. Dan biasa nya lo bakal ngejelek-jelekin cowok itu di depan si doi dan ngebagusin diri sendiri.

10. Merancang games ‘Kakak-Adik’. Menempatkan diri sebagai kakak dan si cewek sebagai adik. Gak buruk-buruk amat sih tapi kalo lo di tolak karena alasannya si doi lebih nyaman jadi adik lo, ya lo terima aja tuh gondoknya 😀
11. Takut terlihat mengejar cewek lain.

12. Kalo udah ditolak “JANGAN MAKSA !” , tau dirilah dikit. Kasih dia waktu juga buat tenang sejenak dan tingkatkan lagi usaha lo. Minimalisir kesalahan lo dan kelemahan lo biar dia nyaman dan mau nerima conta lo, JANGAN MAKSA. Yang ada si doi tambah risih dan ngebuang lo jauh-jauh.

Tersenyumlah :)


Judul postingan kali ini gue ambil dari lagu Tere yang berjudul Tersenyumlah. Lagu tersebut sangat menginspirasikan gue untuk menulis postingan ini. Dan sebelumnya gue mau ngucapi termikasih ke temen gue yang bernama Linda yang menyarankan gue untuk dengerin lagu ini disaat gue dalam masa galau. Hehe

Menurut gue senyuman adalah hal yang paling mudah kita lakukan untuk membahagiakan orang lain. Selain nambah saldo pahala, tersenyum juga terbukti dapat menghilangkan pikiran negatif dari otak lo.

Tersenyum itu dapat di simpulkan menjadi 3 kelompok besar, yaitu :

1. Tersenyum Disaat Sedih

Disaat lo sedih cobalah se-maksimal mungkin untuk tersenyum. Boleh nangis tapi jangan berlebihan, memang dengan menangis terbukti bisa melegakan perasaan lo. Tapi kalo nangis berlebihan justru lo hanya akan terus menerus terpuruk dalam kesedihan dan dianggap kesurupan. Cobalah tersenyum, karena sejatinya orang lain lebih senang melihat lo tersenyum dan diluar kesadaran lo banyak orang yang membutuhkan senyuman lo. Memang sulit tersenyum disaat keadaan sedang bersdih, maka dari itu untuk mempermudah lo harus pandai bersyukur. Coba lo cermati hal yang membuat lo meraasa sedih, lalu ambil hal positifnya itulah yang dinamakan bersyukur. Karena setiap cobaan atau kejadian itu memiliki yang hal positif (Hikmah), terlebih sebagai pembelejaran untuk di masa yang akan datang agar lo menjadi orang yang lebih kuat. Segeralah lo bangkit dari kesedihan tersebut, tulis surat dalam hati lo untuk diri lo sendiri isinya adalah perintah untuk moving on. Temen gue sering nyebut ini SUPERMON (Surat Perintah Moving On).
Sekali lagi, disaat lo bersedih janganlah berlama-lama terpuruk dalam kesedihan tersebut, apalagi sampai ditangisi terus menerus. Ingatlah kawan “Hidup Cuma 1 Kali dan Hidup Terlalu Singkat Untuk Ditangisi”.

2. Tersenyum Disaat Gembira

Sebenernya poin ini gak terlalu penting untuk dibahas karena disaat lo gembira lo pasti akan sering tersenyum. Namun sebagai manusia, biasanya lo hanya berbagi senyuman lo terhadap orang yang membuat lo bahagia saja. Kebahagiaan itu adalah milik bersama, cobalah untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang disekitar lo. Kenapa harus berbagi? karena biasanya disaat lo sedih lo bakal minta di temenin curhat atau minta tolong ke orang-orang disekitar lo jadi sedikit tau dirilah. Bagaimana cara berbagi kebahagiaan? Caranya gampang, sama persis seperti disaat lo minta ditemenin curhat atau saat lo minta tolong ke orang lain, coba lo ajak mereka ngomong dan ceritakan kebahagiaan lo itu dengan pelengkap senyuman lo sebagai bumbu penyedapnya. Dijamin mereka ikut seneng. Tapi inget jangan berlebihan dalam menceritakan kebahagiaan lo, karena bisa jadi kebahagiaan lo itu adalah kegagalan bagi orang lain, contoh nya lo merasa bahagia jadi juara 1 karate, jangan berlebihan menceritakannya karena ada juara 2 dan 3 , bahkan ada karateka yang kalah dengan muka bonyok, tangan bengkok, dan pantat yang legok (tentu mereka tidak sebahagia lo).
Dan jika disaat lo cerita mereka nyebut lo PAMER atau SOMBONG berarti mereka SIRIK ! ke lo.

3. Tersenyum-senyum sendiri tanpa hal pasti.
GILA !!

Berikut contoh-contoh senyuman indah dan patut dicontoh :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.